Spanyol-Swiss 0-1: Jangan Meremehkan Si Lemah


Spanyol tersungkur oleh Swiss

Pil pahit harus dirasakan tim Spanyol. Digadang-gadang menjadi calon kuat juara Piala Dunia 2010, El Matador justru tumbang pada laga pertama lawan Swiss dengan skor tipis 0-1, Rabu (16/6/2010). Hasil ini membuat Xavi Hernandes cs tersungkur di posisi buncit grup H.

Ada yang menarik pada laga yang berlangsung di stadion Durban ini. Dari 11 pemain Spanyol, enam diantaranya adalah pemain Barcelona dan tiga lainnya adalah pasukan Real Madrid. Sedangkan dua pemain non Madrid dan Barcelona hanya David Silva dari Valencia serta Joan Capdevila asal Villarreal.


Di atas kertas La Furia Roja, julukan Spanyol tidak punya hambatan saat menghadapi Swiss. Apalagi seluruh pasukannya merupakan pemain inti di masing-masing tim. Namun, Spanyol tidak diperkuat striker andalannya Fernando Torres yang dibangku cadangkan karena kondisinya masih belum fit.

Memang Spanyol sangat dominan. Hingga menit ke-25, mereka sudah tiga kali melancarkan tendangan ke gawang. Beberapa peluang juga mereka dapat, tapi tak satupun yang menjadi gol. Swiss sangat tertekan malam ini. Mereka baru dapat kans pada menit ke-26. Sayang tendangan bebas Reto Ziegler masih bisa ditepis kiper Iker Casillas.

Tiga menit berselang, wasit Howard Webb memberikan tendangan bebas untuk Spanyol, karena Benjamin Huggel kedapatan menjatuhkan Andres Iniesta. Namun eksekusi Villa membentur pagar hidup dan menghasilkan tendangan sudut. Striker anyar Barselona ini kembali mendapat peluang di menit ke-44. Tapi sepakannya melenceng jauh dari mulut gawang. Hingga paruh laga skor masih imbang kaca mata.

Spanyol tidak mengendurkan serangan pada babak kedua. Namun kejutan justru terjadi pada menit ke-51 dimana gawang mereka justru kebobolan melalui serangan balik. Memanfaatkan kesalahan Gerard Pique dan Casillas, Gelson Fernandes menggetarkan jala kiper Madrid sekaligus mengantar Schweizer Nati sementara unggul 0-1.

Dalam posisi tertinggal, pelatih Vicente del Bosque akhirnya memasukkan Fernando Torres dan Jesus Navas untuk menggantikan Sergio Busquets dan David Silva pada menit ke-60. Padahal kondisi Torres masih belum pulih benar. Tapi kondisi memaksa mantan pelatih Madrid ini mengambil keputusan 'nekat'.

Tujuh menit setelah merumput, Torres langsung menggebrak pertahanan Swiss. Hanya saja, ia tidak justru membuang peluang sebab tendangannya melenceng jauh dari gawang yang dijaga Diego Benaglio. Selang tiga menit, gawang Swiss kembali selamat setelah tendangan jarak jauh Xabi Alonso membentur tiang gawang.

Nasib sial masih menghantui tim Matador. Berulang kali peluang di dapat, tapi tak satu pun yang menjadi gol. Mereka justru hampir kebobolan pada menit 74. Beruntung tendangan lemah Eren Derdiyok membentur tiang gawang. Bola liar lalu disambar Huggel, tapi masih bisa diblok Casillas.

Keberuntungan nampaknya jauh dari Spanyol. Pada menit ke-79, Jesus Navas melancarkan tendangan jarak jauhnya. Sayang bola masih tipis di luar target. Kehadiran Torres sangat ketara efeknya. Spanyol membuat Swiss bertahan total. Sial, hingga penghujung laga, Spanyol kalah dengan skor tipis 0-1.

Nasehat yang bisa kita ambil dari berita di atas adalah bahwa kita tidak boleh meremehkan si lemah. Jangan sekali-kali menganggap sebelah mata orang yang lemah, miskin, dan orang-orang tak berdaya di sekitar kita. Mungkin karena merekalah kita bisa kaya, karena merekalah kita bisa dihormat. Karena siapa lagi yang akan menghormati orang kaya selain orang miskin.

Berterima kasihlah kepada orang lemah, karena kepada siapa lagi orang kaya akan minta pertolongan selain kepada orang miskin dan lemah. Tidak mungkin orang kaya akan menyuruh membetulkan genting yang bocor kepada orang kaya. Begitu pula orang lemah pu n harus bersabar menghadapi hidup ini. Walaupun serba kekurangan, tetapi harus menerima semua takdir Allah.


Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.