Hikmah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan: Kematian Datang Kapan Saja


Cape Town - Menjelang dimulainya Piala Dunia 2010, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela justru ditimpa musibah. Seorang cicit perempuannya yang bernama Zenani Mandela tewas akibat kecelakaan mobil.

Kejadian tersebut dialami Zenani ketika dalam perjalanan pulang dari menonton konser pembukaan Piala Dunia yang digelar di Orlando Stadium, Soweto, Jumat (11/6/2010). Insiden ini terjadi tepat dua hari setelah ia merayakan hari jadinya yang ke-13.

Menurut keterangan dari polisi setempat, uyut Zenani yaitu Winnie-Madikizela juga berada di dalam mobil nahas itu. Polisi menyebutkan juga bahwa si sopir sudah ditahan dan akan menyelidiki kasus ini.

"Zenani Mandela, 13 tahun, sedang berada di dalam mobil sekembalinya dari konser Piala Dunia di Stadion Orlando ketika insiden terjadi," bunyi pernyataan dari Yayasan Nelson Mandela dikutip Reuters.

"Insiden tersebut hanya melibatkan satu mobil dan tidak ada orang lain yang terluka."

Zenani adalah salah satu cucu Zindzi Mandela, anak Nelson Mandela hasil pernikahannya dengan Winnie. Mandela (91) sendiri direncanakan menghadiri upacara pembukaan nanti malam, setelah jarang muncul di depan publik dalam beberapa tahun terakhir.

Hikmah yang bisa kita ambil dari peristiwa ini adalah bahwa kematian bisa datang kapan saja, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap. Bisa dibayangkan betapa bahagianya Zenani Mandela seandainya sekarang ini dia masih hidup. Keinginan untuk menonton perhelatan pesta sepak bola sejagat akhirnya pupus, bahkan dia tidak sempat menonton acara pembukaan piala dunia yang cukup meriah. Itulah yang namanya kematian, kita tidak bisa menawar, kita tidak bisa menangguhkan barang sedetik pun.

Seandainya kamu semua berada di rumahmu, pastilah orang-orang yang telah ditetapkan untuk mati keluar ke tempat mereka terbunuh (QS Ali Imran 3; 154)

Kematian itu milik semua makhluk Allah, manusia, hewan, tumbuhan termasuk bangsa malaikat dan setan semuanya akan merasakan apa yang namanya kematian.

Kematian adalah sebuah tahapan dari kehidupan yang kejadiannya bersifat pasti. Ia akan datang menjemput tanpa dapat dihindari. Kehadirannya sering menimbulkan ketakutan pada awalnya dan senantiasa melahirkan kesedihan pada akhirnya.

Bahkan, kesedihan yang berkepanjangan dan berlarut-larut. Kematianlah yang membuat seluruh kenikmatan dan kebahagiaan terputuskan yang kemudian diganti oleh penderitaan dalam kehidupan dunia.

Kematian pula yang membuat hubungan antara orang-orang yang dicintai dan yang mencintai terpisahkan. Karena kematian, seseorang harus meninggalkan harta benda yang begitu dicintai, begitu dibanggakan dan begitu diagungkan dan sejumlah harta benda yang diklaim adalah miliknya sendiri.

Alhaakumut takaatsuru hattaa zurtumul maqabir; bermegah-megahan telah melalaikan kalian hingga kalian sampai di alam kubur ( Q.S. At-Takatsur, 102:1-2)

Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.