Belanda-Denmark 2-0: Kesabaran Berbuah Manis


JOHANNESBURG, DETIKPOS.net – Belanda akhirnya berhasil mendobrak gaya bertahan Denmark untuk mendulang kemenangan 2-0 pada duel pertama Grup E Piala Dunia 2010 di Soccer City, Johannesburg, tadi malam berkat kesabaran para pemainnya.

Hasil itu membuka jalan De Oranje ke babak 16 besar, kendati hampir frustrasi karena kesulitan menembus lini belakang skuat ‘Dinamit’ yang begitu rapat. Kemenangan tim asuhan Bert van Marwijk bahkan mesti dibantu gol bunuh diri lawan, sebelum memantapkan keunggulan di menit-menit akhir.

”Denmark tim yang sangat kuat bertahan dan Anda harus sabar. Saya benar-benar puas kami akhirnya bisa meraih tiga poin,” ungkap Van Marwijk dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Penerus Marco van Basten itu secara khusus memuji penampilan Eljero Ellia dalam menopang serangan ketika Arjen Robben tak dipaksakan turun akibat cedera. Gelandang SV Hamburg yang menggantikan Rafael van der Vaart di menit 67 ini memang tampil impresif dalam mengalirkan serangan. ”Sangat bagus kami punya banyak opsi di depan. Tadinya kami ingin memainkan sepak bola cantik tetapi kerap kehilangan bola. Meski demikian, ini awal yang bagus.”

”Saya kira kami tidak main bagus di babak pertama, tetapi di babak kedua kami benar-benar berhak menang,” timpal playmaker Wesley Sneijder.

Menurunkan formasi 4-2-3-1, Belanda langsung menekan. Sneijder, Van der Vaart, Dirk Kuyt, plus striker Robin van Persie terus menggempur pertahanan Denmark. Namun, solidnya lini belakang lawan membuat mereka jarang membuka peluang.

Sejumlah kesempatan yang ada pun gagal dituntaskan. Pada menit 10, misalnya, tendangan jarak jauh Kuyt dimentahkan kiper Thomas Sorensen. Di menit 21, tembakan Mark van Bommel terlalu tinggi, begitu juga free kick yang dilepaskan Sneijder beberapa saat kemudian.

Denmark bukannya tak berpeluang. Mengandalkan serangan balik, mereka beberapa kali mengancam gawang Marteen Stekelenburg, termasuk tandukan penyerang Niclkas Bendtner di menit 27. Sayang, sundulan pemain Arsenal menyambut umpan silang Dennis Rommedahl itu sedikit menyamping.

Seusai jeda, skuat ‘Oranye’ lagi-lagi berinisiatif menyerang. Hasilnya, saat babak kedua baru bergulir semenit, mereka sukses membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Simon Poulsen. Bek Denmark ini justru mengoyak gawang timnya saat hendak menghalau tendangan samping Van Persie. Tandukkannya sempat membentur badan Daniel Agger, lalu bergulir ke gawang Sorensen.

Keunggulan 1-0 bertahan lama sampai akhirnya Kuyt memantapkan pesta di menit 85. Sayap Liverpool itu tak menyia-nyiakan bola mental setelah tendangan Eljero Elia membentur tiang gawang.

Hikmah dari berita di atas adalah kita harus selalu bersabar ketika menghadapi tekanan masalah. Sebagai manusia, kita tidak akan luput dari godaaan dan ujian. Maka tugas kita harus menghadapinya apapun masalahnya. Kesabaran suatu saat akan berbuah manis, yaitu sebuah keberhasilan.

Sebaliknya orang yang membuat masalah dan mempermainkan orang lain suatu saat akan menerima akibatnya di dunia apalagi di akherat. Maka pesan penulis, berhati-hatilah dalam menjalani hidup yang fana ini. Jangan sekali-kali meremehkan orang miskin, menghina orang lemah, dan menyepelekan orang yang kesusahan.

Karena hidup itu berputar. Hari ini miskin papa, siapa tahu besok lusa bisa kaya. Sebaliknya hari ini kaya berlimpah harta, siapa tahu besok lusa bangkrut tak punya apa-apa. Apa kita bisa menjamin kalau harta yang kita miliki akan terus bersama kita? Setiap barang titipan akan diambil lagi oleh pemiliknya. Apa pun yang kita miliki sekarang ini hanya pinjaman Allah SWT. Suatu saat nanti, mau tidak mau, suka tidak suka, apa yang kita miliki akan diambil lagi oleh yang punya. jadi sebenarnya apa sih yang membuat kita sombong, congkak, gede hulu, asa aing pangbeungharna? Tanyakeun ka diri maneh sorangan.

Maka merenunglah, sadarlah, bertaubatlah sebelum kain kafan membungkusmu. Innalilahi Wainna Ilaihi Roji"un.

Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.