23 February 2010

ORANG-ORANG YANG MENDUSTAKAN AGAMA


ORANG-ORANG YANG MENDUSTAKAN AGAMA

Nabi muhammad S.A.W pernah bersabda siapa yang membaca alQuran memahami isi alQuran dan memperaktekan alQuran semampu ia maka rosul akan menuntun ia ke pintu surga dan ditunjukan pintu surga. Firman Allah dalam surat al-Maa'uun disebut juga surat ar-roitaladzi dan pahala yang membaca surat ini besar, Allah akan ampuni semua dosanya selagi ia menunaikan zakatnya.

Imam ja'far shodiq bersabda dari rosul S.A.W : Siapa yang membaca surat ini (Al - Maa'uun) dalam setiap sholat fardunya maupun sholat sunahnya maka Allah terima sholatnya zakatnya dan selamat dari hisab-Nya, yang membaca surat ini sesudah sholat isya' maka Allah akan jaga ia sampai datang sholat subuh, sehabis sholat asyar maka ia dalam penjagaan Allah sampai waktu asyar di esok harinya, kebanyakan kamu mufassirin menggolongkan surat ini adalah surat makiyyah, ada juga yang mengatakan madaniyyah dan ada juga lagi yang mengatakan sebagian turun di Makkah dan sebagian yang lain turun di Madinah.

Ada yang meriwayatkan surat ini turun berkaitan Abu jahal yang waktu ada anak yatin minta haknya tapi tidak diberi bahkan dibentak dan diperlakukan dengan keras, lalu mereka mengejek Nabi Muhammad S.A.W dengan menyuruh anak tadi datang kepada Rosul SAW kemudian diceritakan apa yang mereka (teman-teman abu jahal tadi) katakan. Rosul S.A.W kemudian bersama anak itu mendatangi abu jahal, abu jahal ia hanya terdiam dan langsung memberi haknya anak itu kemudian abu jahal ditertawakan teman-temannya karena ia mau memberi hak anak yatim itu hanya karena takut dipukul nabi Muhammad S.A.W.

Orang-orang yang termasuk mendustakan Agama;
1. Menurut surat ini (Al-Maa'uun) islam bukan hanya omongan saja hanya pengakuan kalau ia adlaah islam tetapi harus dibuktikan dengan perbuatan juga

2. Islam tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah saja tetapi juga hubungan dengan sesama hamba Allah

3. Bagaimana orang yang pura-pura dengan islamnya sedang sholat lima waktu selalu mengabaikannya

4. Selalu melakukan sesuatu hanya ingin dipuji orang lain (riya')

5. Kikir bakhil padahal itu permintaan hal yang sepele misal meminta garam, air dll.
Siapa orang yang membohongi islam? tidak mempercayai hari kiamat, membohongi alQuran, tidak mempercayai adanya pahala dan dosa walaupun ia menamakan ia seorang muslim, salah satu faktor kenapa orang tidak melakukan dosa maka ia ingat kalau nanti ada hari pembalasan, ketika orang mulai lemah kepercayaannya pada hari kiamat maka orang itu akan melakukan berbagai hal yang ia kehendaki dan lepas kontrol.

Walaupun ia menampakan sebagai muslim tapi sesungguhnya pembohong ialah dalam surat al-Maa'uun:
1. Orang yang bersikap keras terhadap Orang yatim.
Mereka yang mengusir anak-anak yatim dengan kasar tidak memberi haknya padahal semestinya ia harus merawatnya dan bersiap menjadi bapaknya maka Allah akan memasukkan kedalam neraka juga dengan kasar, seperti apa yang dilakukan Imam Ali setiap anak yatim dizamannya kalau ditanya siapa ayahmu mereka semua menjawab Ali bin Abi Tholib bahkan anak yang tidak yatim ingin menjadi yatin mereka iri dan urusannya kita wajib memuliakan anak yatim dan perlu memberi kasih sayang dan Allah berbicara mengenai anak yatim dan orang miskin itu sangat berbeda. Allah sangat mengecam (an-nisa ayat 10) menjaga harta anak yatim sampai anak itu cukup dewasa dan jangan pernah memakan harta anak yatim itu semua kalau kita mengaku cinta pada rosul padahal rosul itu adalah anak yang yatim juga.

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)”.[4:10]

2. Ialah orang yang tidak menganjurkan untuk memberi makanan kepada orang yang miskin supaya memberi bantuan makanan untuk orang miskin. Karena itu adalah haknya Seperti dalam (Qs al ma'arif 14-25) Allah mengutuk orang yang tidurnya dalam keadaan kenyang sementara tetangganya yang lain kelaparan, ketika ia mampu maka wajib memberi tapi ketika kita tidak mampu juga kita harus menyeru supaya orang yang mampu agar membantu kepada mereka yang miskin, , (al-fajr) rizkinya lancar ini bukti Allah memuliakan aku

“berada di dalam syurga, mereka tanya menanya, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?", Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin,dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya “(Al-mudassir 40-46)

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku" {1576}

Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim , dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin” Al – Fajr [89:15-18]

3. Ini masalah besar yang selalu kita hadapi dan itu celaka besar meski sudah telah dan terkutuk yaitu mereka yang meremehkan waktu sholatnya dan selalu mengulur-ngulur waktu sholatnya tidak menghormati waktunya bukan didalam sholatnya kadang-kadang diluar waktu, merasa malas melakukan sholat dan itu sifat kaum munafikin (Annisa ; 142)

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka {364}. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya {365} (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali {366}”[4:142]

Dan kalau sholatnya ingin dipuji (At : taubah 54)

“Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan RasulNya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.” [9:54]

Tidak menginfakkan hartanya karena malas, padahal imam ali bersabda “Tiada satu amalan yang dicintai oleh Allah melebihi sholat maka jangan libatkan urusan duniamu terhadap sholat karena kita menganggap lebih mulia daripada urusan sholat kita, rosul diakhir hayatnya bersabda “wahai umatku jagalah sholat” imam ja'far shodik bersabda ketika diakhir hayatnya dikumpulkan semua keluarganya dan berwasiat tidak akan pernah mendapat syafaat ahlul bait kalau ia meremehkan sholat, itu bukan berarti meninggalkan sholat karena kita meremehkan yang paling dicintai oleh Allah “naudzubillah”

Pahala sholat subuh itu dibandingkan dengan kenikmatan semua isi bumi adalah sangat jauh lebih mulia orang yang melakukan sholat subuh tepat pada waktunya. Menjaga waktu sholatnya agar kita tidak ditolak sebagai umat Nabi Muhammad S.A.W dan tidak mendapat syafaat beliau, kekuatan kita untuk melawan hawa nafsu ialah dengan sabar dan sholat maka itu harus dimiliki biar benteng kita tidak lemah dan tidak membiarkan setan masuk sari setiap sudut dirikita

4. Melakukan amal riya' ingin dipuji orang, bukan untuk Allah
Kalau ia yakin Allah akan membalas maka ia tidak akan berbuat untuk selain Allah dan ini sangat berbahaya dan tiada artinya. Siapa yang ingin berjaumpa dengan Allah jangan mensekutukan Allah, apabila start awal hanya untuk Allah kemudian orang memuji perbuatan yang telah kita lakukan itu adalah kabar gembira dari Allah. Banyak amalan yang dilakukan orang hanya untuk ingin dipuji orang dan itu adalah meremehkan Allah:

Tanda-tanda orang riya' Menurut imam Ali bin Abi Tholib;
a. Malas kalau sendirian

b. Rajin melakukan kalau banyak orang

c. Tambah rajin beramal kalau dipuji

d. kalau gak ada yang muji mulai malas ia

dan sebab-sebabnya orang riya' ialah;
a. Orang yang gila dengan sanjungan

b. Takut dikritik

c. Tamak kerena ada yang diharapkan

d. ia ingin menyembunyikan amalan jelekny.

5. Yang mencegah melakukan sesuatu yang tidak berharga yang tidak berarti, yang ringan saja tidak mau memberi apalagi yang lebih berat sedikit. Memberi pertolongan sedikit itu misalnya memberi garam kepada tetangga yang meminta, air, sendok dll. Apabila ia tidak mau memberi maka ia akan dicampakan oleh Allah kelak di akhirat. Perampok itu lebih baik daripada orang yang tidak mau mengeluarkan zakatnya. karena mereka merampok harta-harta orang kaya, daripada orang kaya yang tidak mengeluarkan zakatnya karena ia sangat kikirnya.

Artikel terkait:

6 WASIAT ROSUL UNTUK IMAM ALI RA.

Beliau Nabi Muhammad S.A.W diberi mukjizat Allah SWT dengan kalimat singkat, pendek, padat tapi mencakup segalanya, sehingga hal yang luas hanya diungkapkan beberapa kalimat saja, rosul S.A.W sering mewasiatkan wasiatnya hanya kepada beberapa orang tertentu saja, imam Ali ra. Fatimah sa. Hasan husein sa., abu dzar ra dll. Imam ali ra. pernah ditawarkan 600 ribu dinar, 600 ribu kambing atau 600 ribu kalimat, karena bagi imam ali semua yang berhubungan dengan dunia tidaklah begitu penting, maka beliau memilih 600 ribu kalimah, kemudian oleh rosul SAW disingkat menjadi 6 kalimah saja.

Sebenarnya yang paling penting bagi mukmin adalah ilmu yang bermanfaat apalagi ilmu agama itu sangat penting, karena itu untuk bekalnya hidup didunia dan akhirat. Ini nasehat untuk imam al ra. Tapi apabila kita mengaku umat rosul S.A.W maka ini juga wasiat untuk kita semua.

6 wasiat itu adalah:

1. Ya Ali kalau kamu melihat manusia sibuk melaksakan yang sunnah maka kamu sibuklah kamu melaksanakan yang wajib. Jangan sampai lupakan fardhu hanya demi mengejar sunnah bahkan Ali ra. Berkata kalau sunnah itu menggangu yang wajib lebih baik tidak perlu menjalankannya, tapi jangan pernah meremehkan yang sunnah karena ada pahala disana, Ada hal apabila dilaksanakan akan bertemu Allah kelak; Siapa yang melaksanakan semua perkara wajib yang telah ditentukan Allah maka orang itu dihitung sebagai orang yang paling ahli ibadah.

Tanda-tanda hancurnya Negara karena 4 faktor:

@ Sibuk pada hal yang sepele dan selalu dicari – cari,

@ Yang wajib dilupakan,

@ Orang yang kotor jadi pemimpin,

@ Yang mulia ditempatkan dibawah,

2. Ya Ali Apabila kamu melihat manusia sibuk dalam hal amal dunianya maka sibuklah kamu dalam hal akhirat, bukan berarti melarang manusia melakukan aktifitas didunia dan menikmati apa yang ada didunia ini, artinya bukan berarti menganggap dunia tidak penting karena kita sedang hidup di dunia dan kesibukan dunia bisa untuk jadi amal akhirat bila kita niatkan dengan yang baik. Tapi Allah menyebutkan kalau akhirat itu lebih penting dan lebih kekal disana, Orang gila yang sebenarnya menurut imam Ali ra. adalah Orang yang lebih mementingkan kepentingan dunia mendahulukan kepentingan dunia daripada akhirat.

Mengapa orang tidak mengisi tabungan untuk akhirat padalah kita semua pasti kesana? Tanpa itu sulit sekali. Kalau kita tidak percaya adanya akhirat maka itu tidak apa – apa. Sesungguhnya Orang yang takut mati hanya karena tidak pernah menyetor tabungan untuk akhiratnya.

3. Ya Ali apabila kamu melihat manusia sibuk melihat aib orang lain, maka sibuklah kamu mencari-cari aib mu sendiri, mengapa mereka sibuk mencari aib orang lain sedangkan kita bukan makhluk yang maksum (bebas dari segala dosa) yang bisa bebas dari aib apabila kita selalu mencari kekurangan diri sendiri dihadapan Allah maka dia tidak akan punya waktu untuk mengoreksi aib orang lain, kalau mau menegur orang yang salah tegurlah dengan yang baik setelah itu selesai jangan membicarakan aib tadi. Menurut rosul orang yang membuka aib orang lain maka sebelum mati aib orang itu akan dibongkar oleh Allah. Apakah dosa kita sudah di ampuni Allah kok bisa sempat-sempatnya membuka aib orang lain??? Tangisilah aib kita dimalam hari supaya aib kita ditutup oleh Allah, kalau orang lebih banyak duduk maka dia akan menangisi merintihi aibnya daripada sibuk membuka aib orang lain.

4. Ya Ali apabila kamu lihat Orang sibuk menghiasi dunianya maka sibuklah kamu meghias akhiratmu, bagaimana kita menghiasi akhirat? kalau kita yakin kita punya istana disurga maka hiasilah dan lengkapi dengan perabot yang indah-indah dan itu sumbernya dari dunia ini. Harta anak istri itu hiasan dunia tapi jangan sampai kita menghiasai tempat yang akan kita tinggal tapi tempat yang akan kita tinggali yang lebih lama lebih kekal kita biarkan. Itu bukan berarti mengharamkan menghiasi dunia tapi kapan kita berhias untuk siapa kita berhiasa? kalau kita menghina Orang miskin karena congkak dengan hiasan dunia yang kita miliki, artinya kita telah mendapat murka Allah. Setiap orang yang hina dihadapan orang lain (fakir miskin) maka itu adalah tamu Allah yang harus dihormati.

Allah melarang rosul terpukau melihat kekayaan orang kafir karena pada hakekatnya Allah ingin menyiksa mereka dengan harta-hartanya itu, Apa hiasan kita didunia? Yang akan menguntungkan kita bila berhias disini? yaitu ketika menghiasi dirinya dengan keimanan, maka Allah akan menghias keimanan kita dengan imanan kita, iman itu benteng sekaligus hiasan. Musuh utama kita adalah iblis dan mereka bersumpah akan menghiasi anak adam dengan hiasan yang jelek.

Rosul menyuruh mengenakan pakaian yang baik yang pantas yang telah diberi kan Allah tapi jangan sampai perhiasan kamu itu meremehkan orang-orang miskin yang melihatnya, dunia itu ibarat Emas sedang akhirat itu ibarat pecahan batu kerikil kamu mau pilih yang mana? Emas indah tapi tidak kekal sedang kerikil kekal dan tahan lama.

5. Ya Ali kalau kamu melihat orang banyak – banyakan amal maka sibuklah kamu dengan amal yang paling baik, karena banyak amal itu bukan berarti baik tapi pilihlah yang terbaik meski sedikit tapi berbobot. kadang 1 dirham nilainya lebih mulai dari 1000 dirham, karena itu Alquran selalu menyebutkan siapa diantara kalian yang terbaik amalnya? bukan yang terbanyak amalnya cari inti amal tersebut yang terbaik.

6. Ya Ali apabila kamu melihat orang sibuk berpegangan pada makhluk maka berpeganglah kamu pada sang Kholiq, kadang orang mengandalkan orang kaya pejabat untuk apa itu semua? itu tidak berguna mintalah berharaplah pada dzat yang hidup selamanya, Allah itu kekal tidak ada masa berakhirnya sedang pejabat bisa jadi mantan pejabat, kuat jadi lemah tapi Allah itu selamanya.

Ancaman Allah bagi hamba Allah yang mengharap pada selain Allah. Allah akan menjadikan semua jalan kemudahan dilangit dan dibumi akan tertutup, disia–siakan Allah, akan dijauhkan dari nikmatnya munajat kepada-Nya, Allah akan tutup semua pintu hajatnya, minta ditutup segala masalahnya tapi masalahnya malah ditambah, mengapa mencari sesuatu yang lain padahal semua ketentuan adalah milik Allah dengan disertai usaha. Semua pintu langit dan bumi akan terbuka bila menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT.

Allah telah memberi semuanya kepada kita meminta, memberi apabila mereka meminta, dan bukankah hanya Allah yang bisa menyelesaikan urusan yang sulit? mengapa mereka berpaling dari Allah, apabila seluruh makhluk Allah meminta kepada-nya semuanya dikabulkan semua itu tidak akan mengurangi kemegahan kerajaannya Allah.

Semua yang ditawarkan rosul tersebut lebih mulia dari 600 ribu dinar dab 600 ribu kambong, karena 600 ribu kalimah itu mencakup segala nikmatnya dunia dari awal sampai kiamat nanti.

Narasumber:
- Pengajian Habib Muhammad bib Alwi pasuruhan
- PasFmPati.net 00:00 dan 05:00 Wib.


Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.