Mutiara Nasihat: Kelebihan Imam Ali

EMPAT HAL YANG MENCAKUP DELAPAN MASALAH

Rosul pernah menyebutkan beberapa kelebihan imam Ali Ra yang pernah beliau SAW ungkapkan, kurang lebih initinya seperti berikut:

“Ya Ali Aku minta kepada Allah untukmu minta 5 hal dan Allah mengabulkannya ;
1. Aku mohon kepada Allah meminta aku menjadi manusia yang pertama dibangkitkan ketika bumi pertama kali dibelah, dan ketika aku membersihkan kepalaku dari debu aku meminta kepada Allah supaya engkau dibangkitkan bersama Aku.
2. Aku minta kepada Allah supaya Aku dan Kamu diberhentikan di mizan dan engkau berhenti bersamaku dan Allah mengabulkannya.
3. Aku minta kepada Allah supaya menjadikan engkau yang mengibarkan benderaku kelak dihari kiamat, Dan Allah mengabulkannya bendera terbesar dan termegah dan umat yang bersama bendera ini mereka jaya diakhirat yaitu rombongan orang-orang yang sukses yang menuju surga.
4. Aku minta kepada Allah agar kelak ketika orang mukmin yang minum air di telaga rosul SAW imam ali Sa yang menuangkan airnya dan Allah mengabulkannya. Ternyata rosul punya telaga kelak di Akhirat Siapa yang minum air dari telaga rosul SAW ini tidak akan haus selamanya dan yang menuangkan airnya adalah imam Ali Sa.
5. Aku minta kepada Allah agar engkau yang menggiring dan menuntun kaum mukmin ke surga, dan Allah mengabulkannya ini semua yang bersabda adalah Rosul dan ini hanyalah perintah dari Allah bukan karena rosul memanjakan keponakannya. Beliau satu-satunya yang lahir di ka'bah, satu-satunya yang pernah menaiki pundaknya rosul SAW, beliau dari kecil sudah dibimbing oleh rosul Saw beliau adalah pintu kota rosul SAW.

Ada 4 Ungkapan imam Ali tapi mencakup 8 masalah yang disampaikan, ini Pedoman pendek tapi bisa jadi pegangan hidup ;
1. Apa yang wajib dan apa yang lebih wajib??
Wajib ialah taat kepada Allah dan yang lebih wajib ialah meninggalkan dosa, kita memiliki bermacam-macam perintah dan kita tidak punya pilihan lain kecuali “melaksanakan Tanpa menawar” perintah apapun dari Allah maka wajib dilaksanakan, diperintahkan apapun itu maka wajib dilaksanakn, hukum adalah hukum Allah dan halal yang menentukan Allah haram yang menentukan adalah Allah.

Bahkan adalam alquran Teriakan penghuni neraka “Coba dulu aku taat kepada Allah dan rosul-Nya” sesuai ketentuan Allah wajib, jangan kita numpuk amal taat tapi diwaktu yang sama kita melaksanakan maksiat dan ini lebih wajib daripada taat kepada Allah, karena meninggalkan dosa ialah menunjukan kita tidak berani menentang ketentuan Allah meski itu dosa kecil kamu anggap remeh dosa kecil bisa sangat besar dihadapan Allah.

Ada dosa kecil dan besar itu apabila kita nisbatkan antara satu dosa yang lain, tapi kalau dihadapan Allah tidak ada dosa kecil maupun dosa besar karena semua berarti meremehkan Allah. Kadang matematika kita salah ini akan bisa menghapus dosa kita, kalau kita kalah hawa nafsu kita cepet-cepet minta ampun kepada Allah. Menganggap remeh dosa kecil dosanya jauh lebih besar dari dosa itu sendiri dan ini yang lebih wajib ditinggalkan. Orang yang pakai minyak wangi tapi tidak mandi pasti akan tercium bau busuknya maka yang lebih baik mandi ini contoh ringannya.

2. Apa yang dekat dan Apa yang lebih dekat??
Yang deket ialah “hari kiamat” dan yang lebih dekat ialah “kematian”. Rosul SAW adalah nabi terakhir itu bukti hari kiamat sudah dekat tapi yang lebih deket ialah mati, karena mati itu sendiri adalah kiamat bagi orang yang mati itu akan bangkit dari kiamatnya, kenapa kematian disebut lebih dekat karena kematiakn ini kita tidak akan pernah tau kapan datangnya?? karena yang menentukan kematian adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan.

Kita disuruh mempersiapkan kiamat maka kita juga lebih wajib mempersiapkan untuk kematian kita membangun Akhirat karena itu kematian, Sabda Rosul SAW "orang mukmin yang paling cerdik ialah yang yang lebih banyak mengingat kematiannya dan selalu mempersiapkan kematian yang akan menjemputnya" dan itu pasti akan terjadi" tapi kenapa sering dilupakan? Padahal mati adalah yang akan selalu memotong segala kenikmatan, harusnya kita heran mengapa ada orang yang berani besumpah-serapah atas nama Tuhan lagi dengan fitnahnya padahal malam ini kita tidur bangun belum tentu masih hidup apa yang nanti akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah???

Menurut imam Ali Sa nafas kita ini sebenarnya mengantarkan kita kepada kematian, jangan berkata ulang tahun yang benar kurang tahun kita hidup selama 20 tahun berarti waktu kita sudah berkurang 20 tahun, kita ingin happy sehingga lupa mati dan percuma semua ini kalau kematian sudah menjemputnya, imam Ali bersabda lagi “matilah kalian sebelum kalian mati” artinya persiapkan kematian kalian sebelum kematian datang sehingga mereka akan meresa belum puas dan kurang saja menjalani hidupnya kalau kematian sudah menjemputnya. Ketika maut menjemputnya manusia selalu berteriak supaya dikembalikan kedunia ia baru sadar beramal sholeh sholat 2 rekaat saja bagi mereka lebih berharga dari seluruh kenikmatan yang ada didunia karena waktunya sudah habis. siapkan kematian biar tidak menjadi bercana dahsyat

3. Apa yang mengherankan dan apa yang paling mengherankan ????
Yang mengherankan adalah dunia, orang kaya menghina sana sini besok bisa jadi orang paling miskin, ada orang tua yang sakit bertahun-tahun tapi tidak meninggal juga sedang ad anak kecil yang luchu, sehat tapi malah meninggal, karena semua ini mengherankan, sulit diterka dan begitulah Allah menjadikan dunia ini agar kita menuju ke yang lebih kekal ketawa 1 jam akan memaksa kita menangis berpuluh jam, mereka melakukan apa saja untuk mengumpulan dunianya sehingga melupakan apakah itu halal atau haram belum sempat menikmati ia akan mati, orang yang mengajak kebaikan dikucilkan diasingkan tapi orang yang mengajak kepada sesuatu yang tidak berguna disanjung-sanjung dipuja-puja.

Lalu apa yang lebih mengherankan dari dunia adalah hubud dun ya “cinta dunia” ialah menjadikan dunia tujuan hidup dan ini larangan Allah, lalu kita seharusnya bagaimana terhadap dunia? Jawabnya menjadikan dunia ini sebagai pelantara "wasilah" untuk kehidupan akhirat maka ialah orang paling kaya disana. bagaimanapun ia kayanya tapi itu bukan cinta dunia, Menurut rosul “Cinta dunia pangkal dari kehancuran” apalagi kalau tidak memperdulikan yang lain, tidka memikirkan dosa dan semuanya dunia ialah tempat tipuan apabila ia menjadikan dunia ini tujuan hidupnya bukan sebagai ladang untuk panen kelak diakhirat.

imam Ali Sa bersabda “Dunia ini lebih mulia dari tulang, tulangnya babi, dipegang orang yang berpenyakit kulit dan sudah” begitu menurut pandangan imam Ali lalu ada ungkapan yang lain adalah “manusia ini bagaikan anak dunia dan dunia adalah ibunya jadi tidak salah anak mencintai ibunya??” Apakah ini kontradiksi?? jawabannya tidak selama ia menjadikan dunia ini bukan sebagai tujuan hidupnya tapi harus menjadikan dunia ini sebagai perantara ke akhirat, bermacam-macam kita saksikan kawan yang kemana-mana akrab esoknya menjadi musuh yang paling dibenci dan itu sumber utamanya dari cinta dunia.

Jangan terpukau ketika melihat kekayaan orang karena mungkin kayaannya itu lebih banyak melupakan kewajibannya kepada Allah, ia mungkin disanjung orang tapi mungkin juga tidak disanjung oleh Allah karena ini adalah yang paling penting, jangan terpukau dengan setiap amal pernuatannya apabila taatnya itu bukan karena Allah melainkan untuk tujuan yang lain, diibaratkan "dunia ini adalah anak perempuannya akhirat, jadi kalau sudah memilih anak perempuan maka haram baginya menikahi ibunya juga".

Allah mensifati Dunia ini 5 hal ; diibaratkan juga dunia dan perjalanan dunia seperti anak kecil, Dunia ini adalah ;
1. Permainan, belaka seperti waktu kita masih kecil suka bermain-main saja
2. Sesuatu yang melupakan kita dengan tujuan utama yaitu Allah, ketika kita beranjak dewasa lupa akan tujuan kita diciptakan ini untuk apa??
3. Zina (berhias), kalau sudah remaja manusia pasti suka berhias
4. Tempat Saling bangga-banggakan,
5. Tempat Banyak-banyakan harta dan ini tidak akan pernah selesai dalam surat at-takasur.
Sementara di akhirat ada siksaan yang pedih tapi ada juga pengampunan dan kerelahan Allah.

Sabda rosul ada dua hal yang dibenci anak adam yaitu semua anak adam benci mati, sementara kematian buat simukmin ialah kejayaan karena ia akan selamat dari fitnah, dan yang kedua ialah benci kalau sedikit hartanya sementara kata rosul sedikit hartanya lebih ringan ketika ia di hisab Allah kelak, dunia ini adalah tangisan belaka

4. Apa yang sulit dan apa yang lebih sulit???
Yang sulit itu Kubur 2x1 meter setiap orang hendaknya melihat ini kapling yang harus dibeli ya ini kita mau tidak mau mesti mati pasti kesana dan sudah tidak berdaya lagi kita, bahkan rosul masih kena himpitan bumi ketika diliang lahat ketika diiringi 60.000 malaikat, lalu bagaimana dengan kita ini yang penuh dosa?? dan Perlu diketahui ada dua hal yang benci 2 hal: pertama mati, sementara kematian bagi mukmin karena membebaskan diri dari Fitnah, kedua semua anak adam benci hartanya sedikit, padahal kalau sedikit harta hisabnya ringan juga. dunia itu tempat tangisan dan serba sulit, kuburan ini setiap hari berteriak

1. Aku tempat yang paling asing
2. Aku tempat yang gersang
3. Aku tempat yang penuh dengan binatang

1. Aku tempat yang Gelap (kuburan)
2. Aku taman dari taman-taman surga
3. Aku sebagian dari neraka

Malam pertama bagi orang mati dikuburan itu sangatlah mengerikan maka kita harus menghadiahkan kepada mereka sholat, "demi Allah" kata imam Ali Sa apabila ia diberi umur dunia muda terus 1000 tahun, mampu menikmati semua kehidupannya engan bahagia, 1000 tahun sehat selalu tanpa pernah mengeluh sedikitpun, tidak pernah sedih demi Allah kata imam Ali semua ini tidak berarti karena ia lupa semua itu begitu dahsyatnya malam pertama kubur itu makanya kita harus menghadiahkan sholat dan talkin mayyit dan lainnya karena si mayyit sendiri sampai lupa siapa namanya. habis semua, ini berlakuk untuk semua sama rata tidak ada kaya tidak ada miskin pasti seperti itu. “Bersiaplahh...!!!”

Lalu apakah yang paling sulit??Dan ini yang paling sulit ialah pergi kubur tanpa bekal ini berarti kehancuran pasti menangis disana dan tugas nabi Muhammad Saw ialah memberi syafaat kepada seluruh mukmin, kuburan adalah tempat kita menyelesaikan urusan kita dengan Allah, kita ini perlu kawan kelak diakhirat maka pilihlah kawan yang tampan dan bau wanginya,

Kalau sebaik-baik bekal itu Taqwa dengerkan sejelek-jelek bekal ialah berbuat jelek kepada sesama hamba Allah, kita caci orang, kita hinakan kedudukannya, kita fitnah mereka lalu gimana tanggungjawab kita kepada mereka, amal kita ini berbentuk dikubur dari sholat, zakat, puasa, haji dan lainnya tapi ada satu cahaya yang selalu mendampingi ketika ia dibangkitkan ada cahaya terang yang selalu bersamanya dan selalu menyelesaikan semua post-post diakhirat, cahaya apa itu yang selalu menyelesaikan urusannya? Menyelamatkan dia dari post post kelak diakhirat mengewal ia persis sampai dipintu surga? Orang itu berhenti sebentar dan bertanya cahaya apa kamu? Cahaya itu ialah bentuk pahala kamu sering menggembirakan sesamanya sungguh besar pahalanya membahagiakan dan menggembirakan orang lain apalagi membahagiakan rosul SAW dan keluarga beliau Sa Amin..

Narasumber ;
- Sentuhan Qolbu Bersama Habib Muhammad bin Alqi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Streaming PukuL 00:00 Wib
- websitestory.co.cc

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.