Sholat Tarawih Di Rumah Atau Di Masjid?




Sholat Tarawih Di Rumah Atau Di Masjid?

Bismillah,

Salah satu hal yg sering ditanyakan pada saat Ramadhan, terutama terkait sholat tarawih, adalah di mana pelaksanaan sholat tarawih itu?

Jika merujuk ke sirah Rasululloh SAW, kita akan temui bahwa beliau lebih banyak mengerjakan di rumah daripada di masjid. Meskipun beliau sempat memberi contoh shalat tarawih di masjid, tapi beliau lakukan tidak di seluruh bulan Ramadhan. Tarawih di masjid (secara berjama’ah) mulai diperkenalkan di jaman Umar bin Khatab.



“Kami melaksanakan qiyamul lail bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam 23 Ramadhan sampai sepertiga malam. Kemudian kami shalat lagi bersama beliau pada malam 25 Ramadhan sampai separuh malam. Kemudian beliau memimpin lagi pada malam 27 Ramadhan sampai kami menyangka tidak akan sempat mendapati sahur.” (HR. Nasa’i, Ahmad, Al-Hakim, Shahih)

Bagi yg terbiasa sholat tarawih di masjid, mereka menemui kesulitan mengenai cara sholat tarawih di rumah. Padahal sebenarnya caranya sama saja antara sholat tarawih di rumah dengan di masjid.

Yang menjadi pertanyaan mereka terutama adalah doa-doa yg biasa dilantunkan usai tahiyyat akhir. Saya seringkali menjumpai, terutama di Jakarta, ada lantunan doa dan shalawat yg dipandu oleh pengurus masjid.

Bagi yg sholat tarawih sendiri, anda tidak perlu khawatir dengan doa-doa atau shalawatan yg biasa anda ikuti/dengar di masjid. Doa dan shalawatan itu sifatnya tidak wajib, dan jika anda perhatikan di siaran langsung tarawih dari Mekkah, tidak ada doa dan sholawat. Imamnya langsung berdiri dan melanjutkan ke raka’at berikutnya.

Bagi yg suka melafazkan niat, niatnya pun simpel saja. “Saya sholat tarawih (dua atau empat) raka’at lillahi ta’alaa” dan saat witir “Saya sholat witir raka’at lillahi ta’alaa”.

Semoga berguna.


Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:@ Bisnis Pulsa Paling Menguntungkan@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap@ Kumpulan Dongeng Anak@ Bukan Berita Biasa@ Trik dan rumus matematika@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah@ Tips dan Trik belajar yang efektif@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus@ Pasang Iklan gratis@ Kumpulan widget gratis@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah @ Seputar Koleksi Buku@ Seputar Resensi Buku@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.