Pembantaian Petani di Mesuji Lampung



Innalillahi wainna illaihi rajiun, bangsa ini sedang sakit parah. Tingkah polah penghuninya sudah seperti penghuni hutan belantara, siapa yang kuat dan berkuasa akan hidup makmur namun siapa yang lemah dan tak berdaya akan mati dibantai.

Inilah keadaan nyata sekarang ini, simak berita mengejutkan sekaligus mencengangkan tentang terjadinya pembantaian para petani sawit di Mesuji, Lampung.
Kepolisian Negara RI segera menyelidiki video terkait dugaan pembantaian warga oleh oknum polisi di Mesuji, Provinsi Lampung.



"Kita akan menyelidiki video ini untuk melihat latar belakang, adanya angka 30 orang tewas ini digabungkan di lain tempat, bukan satu peristiwa," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta, Kamis.

Menurut Boy, adanya data tersebut tidak tahu dari mana, mengenai 30 orang yang tewas kemungkinan dari tahun 2004 yang digabung-gabungkan dengan tahun berikutnya.

"Kita akan pelajari dengan tim ahli dan melakukan konsultasi serta mencermati seksama untuk mencari tahu unsur-unsur rekayasa gambar," kata Boy.

Kabag Penum mengatakan memang peristiwa itu terjadi pada 21 April 2011, bahkan di video itu tergambar pascakejadian dan di gambar ada kepolisian paskakejadian, setelah orang tergeletak, tapi bukan berarti polisi yang melakukan.

"Angka 30 orang itu kemungkinan agar memberikan informasi ke Mabes Polri, sebab tindakan keamanan juga nyata," kata Boy.

Saat ini, tim dari Mabes Polri turun ke sana untuk melakukan evaluasi. "Wakapolri dan Kabareskrim, sudah ke sana bersama satu tim," kata Boy.

Sejumlah warga asal Lampung melaporkan kasus pembunuhan keji yang terjadi di daerah Mesuji, Lampung, ke Komisi III DPR pada hari Rabu (14/12), dan mereka merupakan keluarga korban.

Bob Hasan, pengacara yang mendampingi para warga itu, menjelaskan, pembunuhan bermula dari perluasan lahan oleh perusahaan PT SI sejak 2003. Perusahaan yang berdiri pada 1997 itu, kata dia, menyerobot lahan warga untuk ditanami kelapa sawit dan karet.

Namun, pihak perusahaan meminta bantuan kepada pihak kepolisian untuk mengusir penduduk. Selain itu, lanjut dia, perusahaan juga membentuk kelompok keamanan sendiri.

Selanjutnya, dibentuk Pam Swakarsa untuk membenturkan rakyat dengan rakyat, tetapi di belakangnya ada aparat kepolisian. Intimidasi dari oknum kepolisian dan pihak perusahaan sangat masif terjadi di sana.

Setidaknya ada 30 korban tewas dan ratusan warga terluka sejak tahun 2009 sampai tahun 2011. (S035)

Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:@ Bisnis Pulsa Paling Menguntungkan@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap@ Kumpulan Dongeng Anak@ Bukan Berita Biasa@ Trik dan rumus matematika@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah@ Tips dan Trik belajar yang efektif@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus@ Pasang Iklan gratis@ Kumpulan widget gratis@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah @ Seputar Koleksi Buku@ Seputar Resensi Buku@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.