19 August 2009

Kemuliaan Ramadhan


1. Amaliah-amaliah Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan seribu bulan dengan beribu-ribu keutamaan. Lalu apa maknanya bagi kehidupan kita sehari-hari? Pertanyaan ini kiranya akan tetap relevan setiap kali kita menghadapi bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lain. Beberapa di antaranya adalah:

a. Allah memilih bulan Ramadhan sebagai bulan turunnya Al-Quran, kitab suci yang menjadi pedoman hidup umat Islam. Allah sendiri telah berkenan memproklamirkan tentang keagungan bulan Ramadhan, dengan firmannya:

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda antara hak dan yang bathil." (QS. Al Baqoroh: 185)

b. Allah juga telah memilih bulan Ramadhan sebagai bulan pensucian. Di bulan ini, umat Islam dididikmensucikan bathin mereka. Dari bathin yang suci itu diharapkan akan muncul perbuatan-perbuatan terpuji. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiap-tiap sesuatu ada zakatnya (pembersihnya). Zakat tubjuh adalah puasa dan puasa itu separuh dari kesabaran."

c. Ramadhan juga dipilih sebagai bulan ibadah karena banyak amalan ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan itu, dan Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Bagi umat Islam yang menjalankan puasa dengan baik, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

2. Nuzulul Qur'an

"Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. al-Qadar :1-5)

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.