Kolom Bang Karto: Bencana di Sekitar Kita

"Dunia sudah mendekati akhir zaman," begitulah apa yang ada dalam pikiranku. Membaca surat kabar, nonton televisi, mengamati lingkungan sekitar membuat aku hampir menangis. Betapa tidak, hampir di seluruh belahan bumi ini sedang dilanda musibah.

Musibah ada di mana-mana. Gempa bumi meluluhlantakkan Chile, Haiti, Taiwan, termasuk juga di Indonesia. Banjir bandang ada di mana-mana, di Madeiras, Spanyol; termasuk di Pasir Jambu, Ciwidey, Jawa Barat.

Namun apa yang kita saksikan tidak juga mampu merubah akhlak dan perilaku manusia itu sendiri. Seolah-olah manusia telah dibutakan oleh materi dan keindahan dunia. Lupa bahwa bencana juga bisa menimpa kita kapan dan di mana saja.

Kita seperti pura-pura buta, pura-pura tuli dengan lingkungan sekitar kita. Kita sering nonton televisi tentang berita kejadian gempa, tapi kita seakan cuek dengan kejadian itu. Semestinya kita sadar bahwa kita juga bisa bernasib sama dengan mereka yang sedang dilanda gempa, kapan dan di mana saja.

Kita sering membaca surat kabar tentang bencana banjir bandang dan longsor yang menimpa saudara-saudara kita di Pasir jambu, Ciwidey, Jawa Barat. tapi kita lupa bahwa bencana serupa bisa saja akan menimpa kita kapan dan di mana saja.

Kita sering nonton televisi dan juga membaca surat kabar tentang banjir besar yang hampir menenggelamkan Cieunteung, Banjaran, Dayeuhkolot, Baleendah, dan Kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Bandung. Namun seolah-olah kita buta dan tuli pura-pura tidak tahu, pura-pura tidak mendengar. Kita seolah tidak peduli dengan kejadian tersebut, kita tidak juga mengambil pelajaran dari semua bencana tersebut.

Kita tidak sadar bahwa bencana banjir, longsor, gempa dan malapetaka bisa menghampiri kita kapan dan di mana saja. Kita telah dibutakan oleh berlimpahnya harta, kekayaan, materi, emas, kemegahan, kedudukan, pangkat dan jabatan.

Kita seakan lupa bahwa harta dan kekayaan hanyalah titipan belaka. Tidak ada yang abadi, tidak ada yang langgeng. Kita mau tidak mau akan berpisah juga dengan harta kapan dan di mana saja. Kita hanya dipinjami oleh Allah SWT. Padahal kita tahu bahwa semua barang pinjaman tetap harus dikembalikan kepada yang punya. Tidak ingatkah itu, saudaraku?

Apapun yang kita punya sekarang ini, itu hanya barang pinjaman belaka. Suatu saat nanti pasti akan diambil kembali oleh yang meminjami kita. Bisa kita yang meninggalkan harta atau harta yang meninggalkan kita.

Untuk itu aku berpesan, ingatlah semua kejadian yang sedang menimpa saudara-saudara di sekitar kita. Mereka yang sedang tertimpa musibah banjir, longsor, kebakaran, gempa dan musibah lainnya. Jadikan sebagai pelajaran bagi kita bahwa bencana tersebut bisa menimpa kita kapan dan di mana saja.

Kita tidak tahu nasib kita satu menit yang akan datang. Kita tidak tahu apa yang terjadi pada kita satu jam mendatang. Tapi kita seakan sombong dengan apa yang kita punya. Kita kadang sombong karena telah memiliki harta yang banyak, bahwa dengan harta yang banyak kita bisa selamat dari musibah,

Kita kadang sombong dengan rumah yang kita yang megah tahan banjir tahan longsor. Tapi kita lupa bahwa rumah megah, rumah kuat, rumah mewah di Aceh, di Haiti di Chile dan di belahan bumi lainnya luluh lantak tinggal puing tak berguna.

Sekarang pertanyaannya adalah masihkah kita akan tetap menyombongkan harta? Masihkan kita akan tetap menuhankan jabatan dan kedudukan? Masihkan kita akan mengganggap uang adalah segalanya dalam hidup ini? Masihkah kita dibutakan mata kita dengan lingkungan sekitar yang membutuhkan uluran tangan kita.

Bantulah mereka, santuni mereka yang sedang terkena musibah. Karena suatu saat nanti barangkali kita bernasib sama dengan apa yang sedang mereka rasakan sekarang ini.
Sadarlah Saudaraku, ingatlah saudaraku. Jangan tidur terus, bangunlah, bangunlah hari telah senja. Hari telah sore, sebentar lagi matahari akan terbenam....

Saudaraku, Kolom Bang Karto (KBK) akan selalu hadir menemani Anda. Kolom Bang Karto adalah tulisan pribadi Bang Karto yang mengupas tentang kejadiaan di sekitar kita. Apa yang sedang terjadi sekarang ini, apa yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat sekarang ini. Ditulis secara singkat, padat, cekak aos, lengkap, lugas, tegas dan terpercaya. Jangan lewatkan tulisan berikutnya tentang "Manusia Sakit".

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.