Info UN: Orang Jujur Didemo, Orang Salah diBela




Paska dikeluarkannya keputusan Walikota Surabaya tentang sanksi pencopotan kepada kepala sekolah dan 2 oknum guru terkait masalah nyontek massal UN di SDN Gadel 2, para wali murid kelas 1 hingga 5 dan warga sekitar berunjukrasa. Mereka menyalahkan keluarga Ny. S ibu Al yang disebut jadi biang keladi kekisruhan di SDN Gadel 2.

Dalam unjukrasa di depan rumah Ny. S, Jl. Gadelsari Barat 2/31 ini, warga menyampaikan sejumlah tuntutan, diantaranya mengusir keluarga Ny. S dari lingkungan Gadel. Ny. Endang satu diantara perwakilan warga dan wali murid SDN Gadel 2 mengatakan tuntutan lainnya adalah meminta Ny. S meminta maaf pada warga karena dianggap telah mencemarkan nama baik sekolah.



”Gara-gara pemberitaan tentang contek massal, SDN Gadel 2 jadi tercoreng nama baiknya,” kata Ny. Endang.

Dijelaskan juga olehnya, tuntutan warga dan wali kelas 1 hingga 5 SDN Gadel 2 ini murni karena terganggu dengan tindakan Ny. S serta Al yang mengungkap adanya praktik contek mencontek di SDN Gadel 2, bukan karena kepala sekolah dan 2 guru diputuskan dinonaktifkan oleh Walikota.

”Kalau Ny. S tidak mau minta maaf, warga sepakat mengusir keluarga ini keluar dari Gadel!” kata Ny. Endang disambut teriakan usir..usir..usir...! dari para pengunjukrasa.

Unjukrasa ini akhirnya berakhir setelah Sudirman satu diantara anggota Komite Sekolah menengahi. Perwakilan warga dan wali murid kelas 1 hingga 5 pun diterima masuk ke rumah Ny. S. Mereka ditemui oleh Saki Edi Purnomo kakak Ny. S dan Widodo suami Ny. S. Sedangkan Ny. S yang mengalami tekanan psikis menolak menemui mereka.

Menurut Sudirman, permasalahan ini akan diselesaikan lewat pertemuan mediasi di SDN Gadel 2 besok, menghadirkan warga dan Ny. Siami.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah membongkar praktik menyontek massal di media massa, keluarga Ny. S terus menerus ditekan warga dan wali murid SDN Gadel 2. Mereka menilai praktik contek menyontek sudah biasa di SD. Bahkan menurut warga memang seharusnya siswa kelas 6 yang ikut Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (UASBN) saling membantu agar lulus. Warga menilai SDN Gadel 2 tidak mujur karena praktik menyonteknya dihembuskan besar-besaran oleh media, padahal praktik ini sudah jamak terjadi.

Kasus ini sudah ditangani Pemkot Surabaya dan DPRD Surabaya. Pemkot menurunkan tim investigasi dari Inspektorat dan mengutus sejumlah akademisi melakukan penyelidikan dalam tim independen. Komisi D DPRD Surabaya juga telah melakukan penyelidikan. Hasilnya, 3 penyelidikan itu senada menyimpulkan ada praktik menyontek meskipun tidak bisa dipastikan dilakukan secara sistematis.

Pemkot Surabaya sendiri kemarin sudah menjatuhkan sanksi pada Kepala Sekolah dan 2 guru kelas 6. Ketiganya dihukum diturunkan pangkatnya satu tingkat, dicabut jabatan fungsionalnya sebagai guru, dan tidak mendapat Tunjangan Profesi Pendidik (TPP). Kepala Sekolah diganjar hukuman selama 3 tahun, sedangkan 2 guru lainnya dihukum untuk masa 1 tahun serta ditarik ke Dinas Pendidikan sebagai staf biasa.(edy)

Pahlawan Kejujuran

Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung, sepakat jika Siami --pelapor contek massal-- menyandang predikat sebagai 'Ibu Kejujuran'. Meski nasib yang dialami Siami kini menjadi lebih 'pahit', Anung sangat mengagumi prinsip dan keberanian sikapnya dalam mengungkap bentuk ketidakjujuran.

"Saya yakin niatnya dilakukan bukan untuk mencelakakan anak dan para tetangganya. Namun, itu demi perbaikan," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (15/6).

Walaupun akhirnya para tetangga ikut menanggung akibatnya, menurut Anung, keberanian Siami patut menjadi cermin bagi masyarakat untuk berani menyuarakan kejujuran dan kebenaran. Apalagi, nilai atau sikap kejujuran di negeri ini kian mahal harganya. Karena, saat ini masih sulit mencari figur yang berani menyuarakan atau mengungkap kejujuran.

"Saya tak melihat sesuatu yang berlebihan jika predikat ini disandangnya. Pasalnya, kejujuran itu diberikan contoh oleh orang yang tak terduga, yakni Siami," imbuh politisi PDIP ini.

Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:@ Bisnis Pulsa Paling Menguntungkan@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap@ Kumpulan Dongeng Anak@ Bukan Berita Biasa@ Trik dan rumus matematika@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah@ Tips dan Trik belajar yang efektif@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus@ Pasang Iklan gratis@ Kumpulan widget gratis@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah @ Seputar Koleksi Buku@ Seputar Resensi Buku@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.