Gempa dan Tanda-Tanda Kiamat



Dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah bersabda, "Tidak terjadi kiamat hingga dua golongan besar berperang dan terjadi pembantaian besar, hingga muncul dajjal-dajjal pendusta yang jumlahnya mendekati 30 orang dan masing-masing mengaku dirinya sebagai utusan Allah, ilmu dicabut, sering terjadi gempa bumi, zaman semakin dekat, banyak ghibah dan pembunuhan.

Di samping itu, harta melimpah ruah, sehingga banyak pemilik harta berkeliling, tetapi tidak menemukan orang yang akan menerima sedekahnya. Ketika ia menawarkan sedekahnya, orang yang ditawarinya berkata, "Aku tidak membutuhkannya".

Orang-orang saling meninggikan bangunan. Dan ada orang yang mendatangi kuburan seseorang lalu berkata, "Aduhai kiranya aku berada di tempatnya," Tidak akan terjadi kiamat hingga matahari terbit di sebelah barat.

Apabila matahari terbit dan semua orang melihatnya, maka ketika itu iman seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya tidak ada gunanya. Kiamat terjadi kalau dua orang lelaki membentangkan bajunya, namun tidak berjual-beli dan tidak melipatnya,.

Kiamat terjadi kalau orang membawa susu kambingnya, tetapi tidak meminumnya. Kiamat terjadi kalau seseorang membendung telaganya,tetapi tidak mengambil air di dalamnya. Kiamat terjadi kalau seseorang mengangkat makanan ke mulutnya, tetapi tidak memakannya." (HR: Bukhari)

Menyimak hadits di atas, rasanya tanda-tanda kiamat sekarang ini semakin banyak dan makin sering bermunculan saja. Lihat, gempa bumi makin sering terjadi di mana-mana. Dalam kurun waktu kurang dari lima tahun, tidak kurang sudah terjadi belasan gempa bumi baik yang kecil maupun yang berskala besar telah menghancurkan segala-galanya.

Masih ingatkah kita akan gempa Aceh, gempa Jogja, gempa Pangandaran, gempa Nias, dan yang masih hangat gempa Tasikmalaya? Bukankah ini adalah salah satu dari sekian banyak tanda-tanda kiamat? Wallahu 'alam.

Yang pasti, kiamat itu semakin dekat dan pasti akan datang.
Allah SWT berfirman:

"Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu, melainkan hari kiamat (yaitu) kedatanganya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya." (QS.Muhammad:18)

Dalam firman Allah yang lain mengatakan,"Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat?" (QS. Asy Syu'ara:17)

Dari Anas bin Malik r.a bahwa ia datang kepada Walid bin Abdul Malik. Walid bertanya kepadanya, "Perkataan apakah yang engkau dengar dari Rasulullah SAW tentang kiamat?" Anas menjawab, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Kamu dan kiamat seperti dua jari ini." (HR:Bukhari, Muslim, dan Ahmad)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, iaberkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda sambil berdiri di atas mimbar, "Sesungguhnya hidupmju dibandingkan dengan umat-umat sebelum kamju adalah antara shalat Ashar hingga terbenamnya matahari.

Pengikut Taurat diberi Taurat, lalu mereka mengamalkannya hingga ketika tiba di tengah hari mereka tidak sanggup, maka mereka diberi satu qirath. Kemudian pengikut Injil diberi Injil, lalu mereka mengamalkannya hingga matahari terbenam. Maka kamu sekalian diberi dua qirath.

Kemudian pengikut Taurat dan Injil berkata, "Ya tuhan kami, mereka lebih sedikit amalnya dan lebih banyak pahalanya." Maka Allah berkata, "Apakah aku mengurangi pahalau?" Mereka menjawab, "Tidak!" Allah berkata, "Itulah karunia-Ku yang aku berikan kepada siapa saja yang Ku-kehendaki." (HR. Ahmad)

1 komentar:

  1. Assalamu'alaykum akhi... Tulisan yang bagus dan bermanfaat, Jazakallah katsir...

    mungkin lebih baik lagi kalau sumber hadist diperjelas (nomor hadis, dari kitab mana, dan yang terpenting status hadis dan ulama yang menyatakannya)

    silahkan berkunjung balik

    http://alloh-only.blogspot.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.