Kraton Jogjakarta Membenarkan Mbah Maridjan Meninggal


Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat meyakini juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan menjadi salah satu korban tewas akibat muntahan awan panas gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (26/10) petang.

"Jenazah itu memang benar Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi," kata Gusti Bendara Pangeran Harya (GBPH) Prabukusumo yang merupakan adik kandung Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Yogyakarta, Rabu (27/10).



Menurut dia, kepastian itu salah satunya dapat dilihat dari ciri fisik jenazah yaitu jempol tangan kanan bengkok ditambah keterangan dari keluarga yang dipanggil ke rumah sakit. Ia mengatakan kematian pria kelahiran 1927 tersebut telah disampaikan kepada Raja Keraton Ngayogyakarta dan Sri Sultan HB X berencana menelepon Menteri Pemuda dan Olahraga untuk menyampaikan kabar tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Juru Kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau Mbah Maridjan menjadi korban dan ikut tewas akibat semburan awan panas letusan Gunung Merapi, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (26/10) sore. Seorang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman Slamet, mengatakan, saat dilakukan penyisiran pada Rabu pagi ditemukan sesosok mayat dalam posisi sujud di dalam kamar mandi rumah Mbah Maridjan.

Menurut dia, mayat tersebut ditemukan di dalam kamar mandi rumah dalam posisi sujud dan tertimpa reruntuhan tembok dan pohon. "Biasanya di dalam rumah Mbah Maridjan tersebut hanya ditinggali oleh Mbah Maridjan sendiri," katanya.

Ia mengatakan, kondisi di dusun sekitar tempat tinggal Mbah Maridjan mengalami kerusakan yang sangat parah, hampir semua rumah dan pepohonan roboh.
"Kerusakan ini akibat terjangan awan panas dan bukan karena material lava," katanya.


Anda mendapat 1 Pesan

Silakan Buka Pesan Sekarang di Sini

Penting!! Perlu Anda Baca:
@ Bisnis Pulsa Paling Menguntungkan
@ Cara Bikin Blog Cantik dan Dinamis
@ Kumpulan Tutorial Blog Lengkap
@ Kumpulan Dongeng Anak
@ Bukan Berita Biasa
@ Trik dan rumus matematika
@ Catatan dan Ulasan Seputar dakwah
@ Tips dan Trik belajar yang efektif
@ Review dan Ulasan pertandingan Juventus
@ Pasang Iklan gratis
@ Kumpulan widget gratis
@ Seputar hukum dan kisah-kisah sedekah
@ Seputar Koleksi Buku
@ Seputar Resensi Buku
@ Kumpulan tutorial Blog

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Jangan buang waktu anda dengan berkomentar yang tidak bermutu. Terimmma kasssih.